Selasa, 23 Maret 2010

Makalah Praktek Pendidikan Sebagai Ilmu pada Proses Pembelajaran di SD

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Praktek pendidikan pada dasarnya berlangsung dalam kegiatan/interaksi social antara pendidik dan peserta didik yang berlangsung dalam suatu lingkungan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.
Pada proses pembelajaran di sekolah dasar terkadang para guru melakukan proses pembelajaran yang itu-itu saja. Mereka tidak pernah melakukan improvisasi dalam proses pembelajarannya. Hal ini mengakibatkan anak didik merasa jenuh dan tidak ada hasrat untuk belajar. Karena pada dasarnya praktek pendidikan itu tidak hanya memerlukan ilmu tetapi juga merupakan suatu seni yang harus di kuasai oleh para pendidik/guru

Pendidikan dapat dipelajari,studi ilmiah tentang pendidikan telah menghasilkan ilmu pendidikan.Ilmu pendidikan berfungsi sebagai landasan dan petunjuk tentang cara-cara melaksanakan pendidikan. Praktek pendidikan menuntut diaplikasikannya ilmu pendidikan, tetapi di samping itu praktek pendidikan juga sekaligus adalah seni.
Pendidikan merupakan suatu keharusan bagi manusia karena pada hakekatnya manusia lahir dalam keadaan tidak berdaya, dan tidak langsung dapat berdiri sendiri, dapat memelihara dirinya sendiri. Manusia pada saat lahir sepenuhnya memerlukan bantuan orang tuanya. Karena itu pendidikan merupakan bimbingan orang dewasa mutlak diperlukan manusia.
Sebagai makhluk yang secara kodrati dianugrahi akal pikiran, manusia merupakan sosok makhluk yang memiliki kesadaran dan rasa ingin tahu tentang segala sesuatu yang dihadapi dan dialami dalam kehidupannya. Berbagai cara dan usaha dilakukan manusia untuk memenuhi rasa ingin tahunya tersebut,sehingga kalau mungkin berbagai hal dalam hidupnya ingin diketahuinya. Baik itu segala sesuatu yang berkenaan dengan dirinya, tujuan hidupnya, dari mana ia berasal, dan ia juga ingin mengetahui banyak tentang lingkungan hidupnya,dan bagaimana memanfaatkannya.
Oleh karena itu, untuk menghasilkan hasil belajar yang baik maka seorang pendidik/guru harus memiliki ilmu pendidikan yang dipadukan dengan seni. Agar ketika melakukan proses belajar mengajar mampu menerapkan teori belajar di dalam kelas.
kode


B. Rumusan Masalah
Untuk dapat lebih mengarah dan menempuh tujuan dalam kajian ini, maka diperlukan beberapa rumusan masalah. Adapun rumusan masalah karya tulis ini adalah :
1) Apa yang dimaksud dengan praktek pendidikan?
2) Apa yang dimaksud dengan praktek pendidikan sebagai ilmu pada proses pembelajaran di sekolah dasar?
3) Apa yang dimaksud dengan praktek pendidikan sebagai seni pada proses pembelajaran di sekolah dasar?
4) Apa yang dimaksud dengan praktek pendidikan sebagai paduan ilmu dan seni pada proses pembelajaran di sekolah dasar?

C. Tujuan Penulisan
Tujuan dalam pembuatan makalah ini, yaitu:
1) Untuk memenuhi tugas makalah mata kuliah landasan pendididkan;
2) Untuk mengetahui maksud dari praktek pendidikan;
3) Untuk mengetahui maksud dari pendidikan sebagai ilmu pada proses pembelajaran di sekolah dasar;
4) Untuk mengetahui maksud dari pendidikan sebagai seni pada proses pembelajaran di sekolah dasar;dan
5) Untuk mengetahui maksud dari pendidikan sebagai paduan ilmu dan seni pada proses pembelajaran di sekolah dasar.

D. Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah studi pustaka.

E. Manfaat Pembuatan Makalah
Manfaat pembuatan makalah ini,yaitu:
1) Mendapatkan pemahaman baru tentang praktek pendidikan;
2) Mendapatkan pemahaman baru tentang praktek pendidikan sebagai ilmu pada proses pembelajaran di sekolah dasar;
3) Mendapatkan pemahaman baru tentang praktek pendidikan sebagai seni pada proses pembelajaran di sekolah dasar;dan
4) Mendapatkan pemahaman baru tentang praktek pendidikan sebagai paduan ilmu dan seni pada proses pembelajaran di sekolah dasar.

F. Sistematika Pembahasan
Bab I pendahuluan,berisikan tentang: (a) latar belakang, (b) rumusan masalah, (c) tujuan penulisan, (d) metode penulisan, (e) manfaat pembuatan makalah, (f) sistematika pembahasan.
Bab II pembahasan, berisikan tentang: (a) praktek pendidikan, (b) praktek pendidikan sebagai ilmu pada proses pembelajaran di sekolah dasar, (c) praktek pendidikan sebagai seni pada proses pembelajaran di sekolah dasar, (d) Pendidikan sebagai paduan ilmu dan seni pada proses pembelajaran di sekolah dasar.
Bab III berisikan tentang kesimpulan.



Download aja makalahnya disini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar